Tips Dasar Mengatur Furniture di Rumah

mengatur furniture

Tips Dasar Mengatur Furniture di RumahMengatur Furniture untuk interior rumah memang bukan perkara mudah. Banyak hal yang harus diperhatikan agar menghasilkan interior yang indah dan fungsional. Selain itu, tidak hanya akan membuat ruangan nyaman bagi Anda dan keluarga tetapi juga orang lain yang berkunjung ke rumah Anda.

Berikut beberapa tips dasar untuk Mengatur Furniture di rumah Anda.

  • Analisis dan identifikasi ruangan yang akan Anda gunakan. Dimana letak focal point pada ruangan tersebut, apa kegunaan ruang tersebut dan aktifitas apa yang akan anda lakukan nantinya diruangan tersebut.
  • Atur lalu lintas serta ruang gerak Anda dan keluarga. Jangan sampai furniture yang anda letakan justru mengganggu mobilitas Anda di dalam rumah.
  • Susun furnitur dengan cara menarik perhatian pada titik fokus furnitur utama. Misalnya pada kamar tidur. Furnitur utamanya adalah tempat tidur. Tempatkan furnitur pelengkap lain pada kamar dengan menyesuaikan dengan tempat tidur. Seperti peletekan meja rias, lemari pakaian ataupun laci kabinet.
  • Letakkan furnitur di sekitar titik fokus tanpa berkerumun. Misalnya pada ruang keluarga biasanya titik fokusnya adalah televisi. Furnitur lain akan ditempatkan menghadap ke televisi. Pastikan letakan mereka dengan teratur dan tidak berkerumun agar tidak mengganggu dan terlihat rapi.
  • Berikan variasi dalam Mengatur Furniture pada interior. Jangan letakan seluruh interior sejajar pada dinding dengan alasan mobilitas. Berikan variasi pada furnitur tertentu agar mendapatkan tampilan lebih santai dan hangat. Anda dapat memperkaya referensi pada beberapa literatur dekor seperti majalah, buku, atau internet.
  • Padankan furnitur dengan beragam pola dan ukuran. Pasangkan furnitur utama dengan furnitur pelengkap. Perhatikan juga ukuran. Padukan furnitur dengan ukuran besar dan kecil atau sedang sehingga memberi kesan seimbang.
  • Untuk menambah kesan akrab, padankan kursi santai dengan meja. Pasangkan dengan saling berhadapan bukan sejajar.
  • Meletakan beberapa aksesoris pelengkap seperti lukisan, vas bunga, dan lain lain kadang diperlukan untuk mempercantik ruangan serta memperkuat karakteristik dan tema yang diusung. Pastikan meletakan mereka dengan benar. untuk lukisan, perhatikan media dinding yang akan digunakan. Perhatikan cat, ukuran serta luas dinding. Seimbangkan dengan pemilihan bingkai, ukuran dan tema lukisan yang akan dipasang. Begitu juga pada vas bunga. Terkadang vas bunga diletakan di meja untuk memperindah ruangan. Namun kadang vas bunga juga jadi elemen tunggal disetiap sudut ruangan. Pastikan untuk tidak berlebihan dalam menempatkannya.

Mengatur Furniture untuk interior rumah memang tidak mudah, namun bukan berarti anda menyerah begitu saja bukan? Kembangkan imajinasi dan referensi Anda, kemudian cocokan dengan ruangan serta desain yang anda gunakan. Dijamin hasil yang anda dapatkan juga akan lebih maksimal. Baca juga tips memilih kontraktor interior dan furniture yang tepat. Semoga ulasan diatas dapat bermanfaat, selamat berkreasi!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Buka obrolan
Ada yang bisa kami bantu?
Powered by