Sketsa Tata Ruang Kantor Terbuka dan Beragam Keunggulannya

Berada di dalam kantor yang nyaman pastinya membuat kinerja menjadi lebih produktif. Adapun salah satu hal yang bisa anda lakukan untuk menciptakan kantor yang nyaman ialah memperhatikan tata ruangnya. Sebenarnya ada banyak ide tata ruang yang bisa anda terapkan pada kantor anda, namun kali ini kami akan bagikan mengenai sketsa tata ruang kantor terbuka. Desain tata ruang kantor terbuka ini sangat cocok untuk ruangan kantor yang besar. Konsep desain interior kantor ini membawa revolusi baru dalam dunia tata ruang kantor.

Sketsa Tata Ruang Kantor Terbuka

Sketsa tata ruang kantor terbuka juga dikenal dengan sebutan open office layout. Ide tata ruang kantor yang satu ini termasuk tren tata ruang kantor yang tengah populer saat ini. Awalnya, kantor merupakan tempat sekelompok orang yang bekerja dengan memakai pena ballpoint dan tinta lengkap dengan buku-buku tebal, karyawan yang bekerja pada tugas yang rumit, sistem penghitungan tanpa mesin hitung, meja kantor seadanya tanpa mesin tik dan komputer. Namun kini kantor bisa dirubah menjadi tempat yang nyaman dan inspiratif dengan ide ini.

Untuk ruang kantor yang nyaman, anda harus mempersiapkan tersedianya ruang lobi, ruang kerja, serta ruang lainnya yang tak bisa mengganggu ruang kerja saat sedang rapat. Ada juga tata letak ruangan yang harus anda perhatikan. Sebaiknya anda menyediakan meja dan kursi di bagian tengah. Dengan begitu, jika orang keluar masuk tak merasa terganggu. Sementara untuk ruang lobi, anda bisa mendesainnya jauh dari ruang keramaian. Hal ini untuk menjaga ruang kantor agar tetap tentram dan saat menjalankan rapat bisa berjalan lancar.

Keunggulan Tata Ruang Kantor Terbuka

Ide tata ruang kantor terbuka memiliki beragam keunggulan, salah satunya produktivitas terjaga. Penelitian menemukan bahwa produktivitas karyawan yang menjalankan aktivitas bekerja pada ruangan dengan tata ruang kantor terbuka tak mendapat banyak hambatan dalam prosesnya. Bahkan berkurangnya luas ruangan untuk tiap karyawan tak menghambat kinerja mereka. Konsep desain interior kantor terbuka juga memungkinkan lalu lintas bekerja bisa lebih lancar. Semua hal yang berkaitan satu sama lain bisa ditempatkan sedemikian rupa sehingga semua kegiatan kerja dapat beralih dari satu bagian ke bagian lain secara mudah.

Tata ruang kantor terbuka juga memungkinkan mudahnya pengawasan. Desain seperti ini memudahkan manajer serta supervisor untuk mengawasi sekaligus membimbing para karyawan dengan cara yang lebih efisien. Hal ini dikarenakan semua yang ada di ruangan berada dalam jarak yang dekat. Dengan begitu, manajer dan supervisor tak harus berjalan keliling dari satu ruangan ke ruangan lainnya untuk sekedar melakukan pengawasan atau meminta feedback dari karyawan. Pengawasan yang cepat bisa membantu dalam mengatasi masalah lebih awal. Proses pengawasan memang bisa dilakukan dengan mudah sebab pengawas sendiri ditempatkan pada posisi yang memungkinkannya untuk melihat setiap kegiatan yang dilakukan oleh karyawan.

Sketsa tata ruang kantor terbuka juga memiliki keunggulan dalam memudahkan dan mempercepat selesainya proyek tim. Manajer akan lebih mudah dalam memantau proyek sebuah tim yang tengah berjalan apabila ruangan kantor didesain dengan konsep ini. Hal ini dikarenakan memungkinkan untuk melacak perkembangan setiap karyawan yang terlibat. Informasi serta masukan menjadi lebih mudah untuk disalurkan satu sama lain. Lebih dari itu, ide desain interior ruang kantor ini juga masih menyimpan beragam keunggulan lainnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *