7 Cara Mendekorasi Rumah Kecil Agar Luas Secara Visual

Rumah impian tak selalu berukuran besar, luas, dan megah. Rumah impian juga bisa diwujudkan dari rumah yang kecil. Hal ini dikarenakan anda bisa berkreasi sebisa mungkin supaya rumah kecil anda menjadi idaman semua orang. Cara mendekorasi rumah kecil pun sebenarnya beragam. Anda hanya perlu ikuti dan sesuaikan dengan kondisi rumah anda. Tak ada salahnya anda mencoba karena cara ini tak mengeluarkan banyak uang. Anda hanya butuh ketelitian dan kreativitas.

Cara Mendekorasi Rumah Kecil

Untuk membantu anda, berikut kami bagikan beberapa tips dekorasi rumah kecil yang bisa anda ikuti.

1. Satu Ruangan Banyak Fungsi

Mengintegrasikan dua atau tiga fungsi sekaligus dalam satu ruangan membuat rumah kecil tampak lebih luas. Tata ruang seperti ini disebut dengan interior open plan. Adapun ruangan-ruangan yang umumnya digabung menjadi satu ialah ruang keluarga, ruang tamu, ruang makan, dan juga dapur.

2. Pemilihan Warna Terang

Sebagian besar orang memilih cat ataupun warna pada rumah kecil berdasarkan selera atau kesukaan. Hal ini tentu tidak salah, bahkan baik sebab mampu memberikan kenyamanan psikologis untuk penghuni rumah. Namun, perlu anda ketahui bahwa tidak semua warna cocok untuk diaplikasikan pada rumah kecil. Apalagi mengingat rumah kecil identik dengan ruang-ruang yang sempit. Untuk membuat interior rumah kecil terasa lebih luas, ada baiknya anda menggunakan warna-warna terang.

Warna putih menjadi warna terbaik untuk membuat ruangan sempit terasa lebih luas. Akan tetapi, warna putih terkesan monoton atau terlalu polos. Oleh karena itu, anda juga bisa terapkan warna-warna terang lain seperti krem ataupun warna-warna muda. Jika warna favorit yang anda sukai cenderung gelap seperti maroon atau hitam, aplikasikan warna ini pada aksesoris rumah kecil seperti karpet. Dengan ruang yang terang, warna-warna favorit anda tetap bisa menonjol tanpa perlu tampil dominan di dalam rumah kecil anda.

3. Hindari Penggunaan Terlalu Banyak Furniture

Cara mendekorasi rumah kecil selanjutnya ialah dengan memperhatikan banyaknya furniture yang akan digunakan. Alih-alih mempunyai banyak perabotan kecil yang membuat rumah kecil anda terlihat berantakan, anda juga dapat menggunakan perabotan yang mempunyai ukuran agak besar. Perabotan minimalis dengan ukuran kecil, akan tetapi sangat banyak, bisa menjadikan rumah kecil anda tampak sangat berantakan. Hal ini akan menciptakan kesan rumah kecil anda benar-benar lebih kecil dari kenyataanya. Oleh karena itu, hal ini benar-benar harus anda hindari.

4. Akses Cahaya Alami

Dalam mendekorasi rumah kecil, pertimbangkan untuk membuat jendela besar sebagai jalannya sinar matahari masuk ke dalam rumah. Perlu untuk anda ketahui bahwa cahaya alami bisa membantu memperluas ruangan anda secara visual.

5. Hilangkan Sekat

Daripada ruangan di dalam rumah kecil menjadi sempit karena terbagi-bagi, alangkah baiknya anda menggabungkan ruangan-ruangan tersebut dengan membuang sekat-sekat yang ada. Tak hanya membuat sirkulasi menjadi nyaman, hal ini juga akan membuat ruangan pada rumah kecil terasa lebih luas.

6. Furniture Multifungsi

Gunakan furniture multifungsi untuk mengurangi tempat yang anda perlukan sebanyak mungkin. Untuk ruang tamu misalnya, gunakan satu set furniture yang mempunyai fleksibilitas. Hal ini bisa sangat sesuai dengan kebutuhan.

7. Meja Dapur Bentuk L

Cara mendekorasi rumah kecil lainnya ialah perihal dapur. Perlu untuk anda ketahui, furniture moduler sangat praktis untuk rumah kecil. Sebut saja meja dapur dengan bentuk L yang memang menjadi pilihan tepat untuk mengoptimalkan pemakaian ruang.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *