Cara Memasang Wallpaper Dinding Per Meter Mudah dan Simple

Memasang wallpaper dinding adalah salah satu cara yang bisa anda lakukan untuk mempercantik tampilan rumah. Wallpaper dinding itu sendiri merupakan lapisan dinding yang memiliki motif-motif cantik dan menawan. Ada beragam motif wallpaper dinding yang bisa anda pilih dan sesuaikan dengan gaya interior rumah anda. Perlu dipahami, semua keunggulan dan fungsi wallpaper dinding hanya bisa didapatkan apabila anda memasangnya secara tepat. Jika anda belum mengerti bagaimana cara memasang wallpaper dinding per meter, pastikan anda membaca ulasan yang kami bagikan di bawah ini sampai selesai.

Cara Memasang Wallpaper Dinding Per Meter

Berikut adalah cara memasang wallpaper dinding selengkapnya untuk anda.

Siapkan Peralatan

Alat-alat dan perlengkapan yang umumnya dibutuhkan untuk memasang wallpaper dinding diantaranya yaitu meteran, tangga A, alas berupa plastik besar, benang dengan pemberat untuk memastikan lurus atau tidaknya pemasangan wallpaper dinding, spon, kuas lem, 2 bak untuk mengaduk lem, amplas, dan kape untuk membersihkan dinding. Pastinya jangan lupa juga untuk mempersiapkan wallpaper dinding yang telah anda beli.

Investigasi Dinding

Pastikan permukaan dinding yang akan anda beri lapisan wallpaper rata, tidak berjamur, tidak bergelombang, bersih, tidak lembab, dan tidak berminyak sebelum memasang wallpaper. Jika ditemukan lubang bekas paku atau mur, ada baiknya ditambal terlebih dahulu. Apabila dinding terasa lembab dikarenakan ditemukan rembesan air, alangkah baiknya diperbaiki dahulu dengan cara menambal rembesan tersebut. Setelah itu, lapisi dengan sejenis cat anti air atau aquaproof.

Bersihkan Ruangan

Bersihkan ruang yang ada di sekitar dinding yang akan dipasangi wallpaper dinding. Apabila dinding yang akan dipasangi ialah semua sisi di ruangan tersebut, maka sebaiknya anda memindahkan sejenak seluruh perabotan ke ruangan lainnya yang aman. Dengan ruangan yang bersih serta lapang, pemasangan wallpaper dinding akan lebih cepat dan mudah.

Memilih Wallpaper

Cara memasang wallpaper dinding per meter selanjutnya ialah memilih wallpaper. Pilihlah wallpaper yang sesuai dengan tema serta bentuk ruangan yang diinginkan. Hal ini sangat penting untuk anda rencanakan mengingat semua unsur-unsur tersebut adalah elemen penting yang akan menjadi satu kesatuan konsep di dalam Interior ruangan anda.

Pengukuran Bidang

Ukurlah bidang dinding yang akan digunakan usai dibersihkan. Caranya ialah dengan menghitung panjang, lebar dan tinggi permukaan dindingnya. Hal ini untuk bisa disesuaikan dengan lebar wallpapernya.

Memotong Wallpaper Dinding

Potong gulungan wallpaper sesuai dengan lebar dan tinggi dinding ruangan. Untuk bagian samping paling terakhir, beri kelebihan beberapa cm sebagai bagian sambungan. Hal ini dilakukan untuk sambungan wallpaper dinding yang perlu ditumpuk supaya bisa serasi. Jika perlu, beri nomor wallpaper dinding di bagian belakang kertas supaya anda tidak salah memasang sesuai urutannya. Potongan kedua tak bisa digunting begitu saja.

Anda harus memperhatikan polanya terlebih dahulu. Anda harus menyejajarkan antara bagian pertama yang telah dipotong dengan gulungan yang belum dipotong. Posisikan hingga terbentuk motif pola yang benar. Kemudian tandai wallpaper dinding sebelum dipotong. Baru memotongnya sesuai dengan tinggi dinding yang diinginkan. Lakukan sampai jumlah potongan dirasa cukup guna melapisi semua permukaan.

Pemasangan Wallpaper Dinding

Cara memasang wallpaper dinding per meter berikutnya ialah mengelem wallpaper dinding. Ratakan permukaan wallpaper dinding dan sambungan antar wallpaper dinding. Sapukan lem pada wallpaper dinding dengan menggunakan roller ataupun kuas. Tempelkan wallpaper ke dinding. Menyambung wallpaper dinding selanjutnya. Cek kerapiannya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *